Senin, 23 Juni 2014

Review Kunjungan KMB Sukses Manfaat ke Apique Laundry










Alhamdulillah, kemarin pd hari Ahad, 22 Juni 2014, grup KMB Sukses Manfaat (Pak Chriz, Pak Syaiful, Pak Faisal, Pak Edi, saya) dengan mentor Pak Chandra (CYP) mengadakan kunjungan ke Apik Primadya, owner dari Apique Laundry. Bisnis beliau sudah memiliki beberapa cabang dengan sistem kemitraan yang tersebar di beberapa titik di Jakarta. Pelanggan yang beragam, mulai dari level rumah tangga maupun yang berskala hotel/apartemen.  
            Banyak hal yang dapat kami pelajari dari beliau. Di sini akan saya coba untuk sharing beberapa poin dari hasil kunjungan kemarin.
  1. Kualitas
            Apique Laundry sangat baik dalam hal pelayanan maupun dari hasil pencucian. Sistem yang dijalankan adalah 1 mesin cuci utk 1 pelanggan, dimana untuk cucian 1 pelanggan menggunakan 1 mesin cuci, sehingga pakaian tidak tercampur dengan pelanggan lainnya.  Meskipun terkadang ada keluhan dari pelanggan mengenai hasil pencucian, hampir sekitar  80 % pelanggan akan kembali ke Apique Laundry.

Contoh lainnya, kebutuhan dari pelanggan ekspatriat berbeda dengan pelanggan lainnya. Penanganan yang secara khusus yang membuat pelanggan merasa nyaman & aman. Dan kepuasan pelanggan itulah yang membuat mereka akan kembali lagi (repeat order).

  1. On Time
            Ketepatan waktu merupakan hal salah satu yang utama dalam pelayanan. Pelanggan yang membutuhkan pakaiannya bersih dalam waktu cepat tentunya sangat terbantu. Dan dari level lama pengerjaan order tersebut, dapat dijadikan beberapa pilihan harga, yang tentunya harga laundry ekspres berbeda dengan harga laundry reguler.

  1. Manajemen
                        Dalam membina SDM, pihak manajemen menerapkan sistem    kekeluargaan. Tingkat turn-over (keluar masuknya karyawan) saat kecil.           Para karyawan diberikan kesempatan untuk belajar segala hal di Apique             Laundry dan berkonsultasi dengan ownernya langsung, dan setelah            mereka cukup pengetahuan, mereka juga diberikan kesempatan untuk membangun bisnis mereka sendiri.  Di sini juga dibudayakan budaya team work, sehingga timbul rasa untuk saling mendukung sesama rekan kerja, dan memberikan kualitas terbaik dari pekerjaan mereka.

Mungkin itu beberapa hal yang bisa saya share di sini. Semoga bermanfaat..

-Rama-
Yaap Puding
http://yap-puding.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar